|Welcome To Get Different Info |
http://hitskin.com/themes/13/47/58/i_icon_mini_index.png http://i62.servimg.com/u/f62/15/92/31/14/fb_gro10.png http://jcb-bag.com/images/categories-icon.png https://lh5.googleusercontent.com/-v4JoRoL0vm8/TXnB_75cDTI/AAAAAAAAAA8/JMzsSnPY3ac/backlink.jpg

Selasa, 20 Maret 2012

2 Cara mencangkok Sawo

Mencangkok adalah kegiatan menumbuhkan akar pada batang yang kemudian di pindahkan ke pot.Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam mencangkok pada sawo ialah :


1. Pohon Induk yang akan dicangkok sebaiknya mempunyai sifat-sifatyang baik ( rasanya enak, buah lebat, sehat dan lain-lain)
2. Waktu mencangkok sebaiknya pada awal musim hujan. Dapat pula dilakukan pada musim kemarau asal dilakukan penyiraman 1-2 kali sehari pada tempat yang dicangkok.
3. Pemilihan batang cangkokan; cabang yang baik untuk dicangkok yaitu cabang tanaman yang tidak terlalu tua atau terlalu muda, tumbuhnya tegak atau condong 45O, pertumbuhannya kuat, sehat dan subur.
4. Pemeliharaan cangkokan; media/ tanah pada cangkokan harus cukup lembab sepanjang waktu.

Keuntungan Mencangkok :

-Hasilnya sama dengan pohon Induk
-Cepat menghasilkan Buah
-Pohonnya pendek
Kelemahan Mencangkok :
-Pohon induk rusak karena banyak cabang yang diambil untuk dicangkok
-Tanaman hasil cangkokan tidak memiliki akar tunggang dan perakaran tanaman dangkal.

LANGKAH KERJA :
Cara mencangkok
1. Memilih cabang atau ranting yang tidak terlalu muda atau tua.
2. Kupas cabang hingga bersih sepanjang 4-9 cm.
3. Tutup dengan campuran pupuk kandang dan tanah kemudian bungkus dengan plastik atau serabut kelapa, ikat kedua ujungnya. Bila menggunakan plastik lubangi bagian bawah dengan menggunakan paku.
4. Siram setiap pagi dan sore dan jaga kelembapan.
5. Setelah akarnya banyak potong dari induknya, dipisahkan dantanaman buah  tersebut bisa ditanam di tempat yang telah ditentukan.

2 komentar:

menurunkan tekanan darah mengatakan...

makasih banyak ya gan buat infonya

mikoblogspot mengatakan...

sama-sama gan

Posting Komentar