Jika ingin mengetahui kondisi mesin motor sebaiknya cek businya. Caranya dengan membuka busi lalu melihat kondisi ujungnya.Normal, biasanya warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda hingga selongsong busi. Jika ada warna abu-abu muda, maka settingan karburator terlalu irit bensin. Apabila ada warna gelap atau hitam pekat maka menandakan setingan karburator terlalu boros bensin.Basah, biasanya ujung busi basah, basahnya ini basah oli bukan bensin. Karena ada yang bocor di mesin anda, bisa dari ring piston goyang, bos klep bocor atau oli mesin terlalu banyak hingga seal klep kalah atau bocor. Oli ini ikut terbakar di ruang pembakaran mesin dan meninggalkan sisa basah oli. Biasanya pada motor 2-tak disebabkan karena terlalu banyaknya campuran oli samping.Tertutup Kerak, hal ini disebabkan karena kualitas bahan bakar yang anda gunakan buruk atau jelek, ada campuran kotoran atau sudut pengapian yang terlalu maju dan bisa jadi anda salah pilih jenis busi.Rata dengan keramik, ini menandakan bahwa businya sudah kebanyakan diamplas jadi sudah abis. Jadi sebaiknya anda beli yang baru karena jika anda biarkan saja maka akan merusak mesin motor anda.Cacat atau Rusak, artinya bensin yang anda gunakan jelek sehingga terjadi gejala detonasi (nglitik) atau jarak elektroda busi terlalu jauh. Jadi sebaiknya saat anda ingin membeli bensin, anda harus pilih-pilih. Cobalah sesekali anda cek kondisi bensin yang anda beli.Penuh Bulu Putih, hal ini menandakan bahwa ada cairan radiator yang bocor dan ikut terbakar dalam ruang pembakaran mesin.Meleleh, biasanya hal ini menandakan bahwa busi menyala sebelum waktunya disebabkan nilai oktan bensin yang terlalu jelek atau rendah dan derajat pengapian terlalu maju atau mesin terlalu panas.Mengkilap, busi basah karena sisa bensin yang tidak ikut terbakar, bukan oli. Ini artinya settingan karburator kurang pas, terlalu boros. Atau bisa juga salah pilih jenis busi, kurang dingin.Jadi harus check ulang mesin motor anda, jika terdapat kerusakan sebaiknya langsung dibetulkan. Jangan menunggu waktu lagi karena motor yang rusak maka akan boros bensin.
Senin, 14 November 2011
0 Cek Kondisi Mesin Lewat Busi
Diposting oleh
mikoblogspot
di
19.04
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Bagikan ke X
Berbagi ke Facebook
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
view
Blog Archieve
-
▼
2011
(93)
-
▼
November
(16)
- Specs Yamaha Mio Amore - Drag Boy Yakuza 123% UBON
- Honda CB 125 taun 73′ turun di drag bike by BIMA S...
- Cek Kondisi Mesin Lewat Busi
- --__Mengenali Kerusakan Motor__--
- Cara Setting Karburator Motor
- YAMAHA MIO SOUL DRAG MODIFICATION
- YAMAHA YZ 250 CC DRAG BIKE MODIFICATION
- YAMAHA JUPITER Z DRAG MODIFICATION
- YAMAHA CRYPTON DRAG BIKE MODIFICATION
- Modifikasi Motor untuk Pemula
- Modifications Pulley Matic Drag Bikes or Matic Roa...
- Modifikasi Yamaha Nouvo Z increase Stroke without ...
- YAMAHA MIO DRAG BIKE MODIFICATION
- YAMAHA VEGA R DRAG BIKE MODIFICATION
- GAME TERBARU 2011
- ** Cara Membuat Teks Berjalan dengan Menggunakan S...
-
▼
November
(16)
0 komentar:
Posting Komentar